Harga ditentukan oleh Warna


Batik Tulis Lasem seharusnya berharga murah, bukankah bahan katun primis harganya cuma puluhan ribu rupiah untuk selembar batik?
 
Pertanyaan seperti ini seing muncul. Dan jawabnya sudah siap tersedia, yakni selain bahan/kain, ada faktor lain sebagai penentu harga Batik Tulis Lasem, salah satunya warna!

Selain keunikan motif, warna menjadi roh dan nilai tertinggi Lasem Batik Art (Seni Batik Tulis Lasem).


Warna legendaris Batik Tulis Lasem adalah merah darah. Keabadian keindahan warna merah darah ini sudah terpatri dalam catatan sejarah Batik Indonesia. Konon tidak ada pembatik di daerah lain yang bisa membuat warna merah darah seindah merah darah Batik Tulis Lasem.

Namun demikian, arus zaman telah membawa Batik Tulis Lasem ke era penuh warna. Kini Batik Tulis Lasem sangat color full. Keindahan warna merah darah sering diselaraskan dengan warna-warna lain, terutama warna khas daerah lain. Hasilnya, tampilan Batik Tulis Lasem semakin memancarkan aura keindahan multikultural.

Keindahan warna warni Batik Tulis Lasem ini tentu saja ada harganya. Jumlah warna menentukan jumlah harga. Semakin banyak warna yang memancar, semakin tinggi pula harganya. Mengapa? Karena setiap satu warna yang tertera di dalam Batik Tulis Lasem membutuhkan dana minimal Rp25.000. Jadi, jika Batik Tulis Lasem memiliki tiga warna (Tiga Negeri), berarti batik ini membutuhkan dana minimal Rp75.000 hanya untuk pewarnaannya saja.
Nah, sekarang Anda bisa menghitung sendiri harga Batik Tulis Lasem berdasarkan jumlah warnanya. Namun yang perlu juga Anda ketahui, harga warna ini tentu bergantung juga pada kualitas zat pewarnanya. Semakin bagus kualitas zat warna, semakin mahal harga satu warnanya.

Selain, itu kualitas warna Batik Tulis Lasem juga ditentukan saat proses awal pembatikan. Misalnya, saat persiapan pembatikan ada yang namanya tahap ketelan atau murdan, yakni tahap memadatkan dan merapatkan pori-pori kain katun primis untuk menghasilkan warna batik yang sempurna.

Proses ketelan ini pasti menambah biaya pembuatan Batik Tulis Lasem, karena dilakukan dalam waktu tiga hari dan dikerjakan oleh beberapa tenaga kerja. Sudah kasat mata, dalam tahap persiapan saja sudah memerlukan biaya yang cukup besar.Meski demikian, kami tetap menjalankan tahap ketelan ini, meski banyak pengrajin Batik Tulis Lasem yang lain sudah meninggalkannya karena alasan waktu dan biaya. Proses ketelan ini sangat penting dilakukan, karena kami berkomitmen menghasilkan Batik Tulis Lasem berkualitas tinggi.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered By Blogger

  © Blogger template Batik bagus by Xinatra 2011

Back to TOP